Senin, 03 Oktober 2011

0 LKS

Energi Kinetik



Tujuan
Mengetahui pengaruh massa dan kecepatan benda terhadap perubahan bentuk tanah liat.

Alat dan bahan
  • Tanah liat secukupnya
  • Kelerang yang bermassa sama 2 buah
  • Kelereng yang massanya berbeda 1 buah
  • Pegas
Langkah kerja
  1. Letakkan dengan menggunakan pegas dua bagian tanah liat di pinggir tembok!
  2. Lontarkan dua kelereng yang massanya berbeda dari jarak ±30 cm! (Masing-masing kelereng harus mengenai tepat pada tanah liat). Amati perubahan bentuk tanah liat setelah terbentur bola!
  3. Ulangi langkah 1–2 dengan dua bola yang massanya sama!
  4. Lontarkan satu kelereng dengan gaya yang lemah dan satu lagi dengan gaya yang kuat (Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kecepatan yang berbeda)! Amati perubahan tanah liat setelah terbentur kelereng!
  5. Bandingkan 2 percobaan di atas!

Pertanyaan
  1. Adakah pengaruh massa pada perubahan bentuk tanah liat?
  2. Adakah pengaruh kecepatan terhadap bentuk tanah liat?
  3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini?


1:00 AM





Tujuan
Mengetahui besarnya gaya aksi dan reaksi dengan menggunakan neraca pegas

Alat dan bahan
  • Neraca pegas 2 buah
  • Statif dan klem 1 set
Langkah kerja
  1. Pasang statif dan klem pada meja kemudian gantungkan kedua pegas secara seri seperti tampak pada gambar!
  2. Tarik neraca pegas kedua dan perhatikan besar skala yang ditunjukkan oleh kedua neraca!
  3. Ulangi langkah 1–2 sebanyak 4 kali dengan besar gaya yang berbeda-beda! Catat besar gaya yang terbaca pada neraca pegas ke dalam tabel berikut!


Pertanyaan
  1. Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini?








Tujuan
Menyelidiki sifat kelembaman suatu benda

Alat dan bahan
  • Meja 1 buah
  • Kertas 1 buah
  • Gelas plastik 1 buah
Langkah kerja
  1. Letakkan kertas di atas meja!
  2. Letakkan gelas di atas kertas tersebut!
  3. Tariklah kertas dengan cepat! Amati apa yang terjadi!
  4. Lakukan langkah 1–2 kemudian tarik kertas secara perlahan-lahan! Amati apa yang terjadi!

Pertanyaan
  1. Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini?





Tujuan
Mengetahui perbedaan antara massa dengan berat suatu benda

Alat dan bahan
  • Timbangan 1 buah
  • Neraca pegas 1 buah
  • Bandul 3 buah
Langkah kerja
  1. Ukurlah massa bandul I dengan menggunakan timbangan! Catat hasilnya!
  2. Ukurlah berat bandul I dengan menggunakan neraca pegas! Catat hasilnya!
  3. Lakukan langkah 1–2 untuk bandul II dan bandul III!
  4. Bawalah semua alat dan bahan ke tempat yang lebih tinggi dari tempat semula, misalnya di lantai II gedung sekolahmu!
  5. Lakukan langkah 1–3 di tempat tersebut!
  6. Catat hasil pengukuranmu pada tabel berikut!


Pertanyaan
  1. Bandingkan hasil pengukuran di kedua tempat!
  2. Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini?

1:00 AM





Tujuan
Mengetahui besar gaya gesek pada benda yang memiliki kekasaran yang berbeda

Alat dan bahan
  • Kubus kayu 1 buah
  • Kubus kayu yang dilapisi karpet 1 buah
  • Kubus kayu yang dilapisi ampelas 1 buah
  • Neraca pegas 1 buah
 Langkah kerja
  1. Letakkan kubus kayu di atas meja dan kaitkan dengan neraca pegas!
  2. Tariklah neraca pegas sedikit demi sedikit sampai kayu tepat akan bergerak! Catat besar gaya yang  ditunjukkan oleh neraca pegas!
  3. Ulangi langkah 1–2 dengan menggunakan kubus lainnya! Catat hasilnya ke dalam tabel berikut!


Pertanyaan
Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini?









Tujuan
Mengukur besar gaya dengan menggunakan neraca pegas

Alat dan bahan
  • Beban 3 buah berbeda massa
  • Neraca pegas 1 buah
  • Statif dan klem 1 set
 Langkah kerja
  1. Gantungkan neraca pegas pada statif!
  2. Kaitkan beban I pada neraca pegas! Catat besar gaya yang ditunjukkan oleh neraca pegas!
  3. Ganti beban I dengan beban II, kemudian ganti dengan beban III! Catat ketiga hasil pengukuranmu ke dalam tabel berikut!

Pertanyaan
Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini?









Tujuan
Menentukan percepatan benda

Alat dan bahan
  • Ticker timer
  • Pita ketik
  • Power supply
  • Kertas karbon
  • Trolly/kereta dinamika
  • Gunting
  • Bidang luncur
  • Kertas grafik

Langkah kerja
  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
  2. Rangkailah alat sepeti pada gambar berikut
  3. Masukkan ujung pita ke ticker timer.
  4. Tempelkan ujung yang lain pita tersebut pada trolly.
  5. Hubungkan ticker timer pada power supply.
  6. Lepaskan trolly sehingga meluncur ke bawah
  7. Ambil pita dan potong setiap 10 titik hasil ketikan.
  8. Tempelkan hasil potongan pita pada kertas grafik.
  9. Hubungkan titik titik teratas dari tiap-tiap potongan pita.
  10. Ukur perubahan kecepatan (Δv). Hitung percepatan (a) dengan membagi perubahan kecepatan (Δv) dengan selang waktu (Δt).
  11. Ulangi percobaan tersebut sebanyak 5 kali.
  12. Buatlah kesimpulan percobaan, kemudian susunlah laporan hasil kegiatan.




GLB



Tujuan
Menentukan kecepatan benda

Alat dan bahan
  • Ticker timer
  • Pita ketik
  • Power supply
  • Kertas karbon
  • Trolly/kereta dinamika bermotor
  • Gunting
  • Bidang luncur
  • Kertas grafik

Langkah kerja
  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
  2. Rangkailah alat sepeti pada gambar berikut
  3. Masukkan ujung pita ke ticker timer.
  4. Tempelkan ujung yang lain pita tersebut pada trolly.
  5. Hubungkan ticker timer pada power supply.
  6. Lepaskan trolly sehingga meluncur ke bawah
  7. Ambil pita dan potong setiap 10 titik hasil ketikan.
  8. Tempelkan hasil potongan pita pada kertas grafik.
  9. Hubungkan titik titik teratas dari tiap-tiap potongan pita.
  10. Ukur perubahan jarak (Δs). Hitung kecepatan (v) dengan membagi perubahan jarak (Δs dengan selang waktu (Δt).
  11. Ulangi percobaan tersebut sebanyak 5 kali.
  12. Buatlah kesimpulan percobaan, kemudian susunlah laporan hasil kegiatan.








Tujuan
Menyelidiki perpindahan kalor secara konveksi dalam zat cair dan udara

Alat dan bahan

  • Gelas beker
  • Satu set alat konveksi udara
  • Pembakar spritus dan korek api
  • Kertas
  • Kasa dan kaki tiga
  • Lilin
  • Serbuk gergaji
  • Air

Langkah kerja
Bagian satu
  1. Ambillah gelas beker, isilah dengan air sampai hampir penuh.
  2. Masukkan serbuk gergaji.
  3. Panaskan air dalam gelas beker tersebut tepat pada bagian kanan bawah dengan menggunakan pemanas spirtus.
  4. Amati apa yang terjadi.





Bagian dua
  1. Sediakan alat konveksi dalam udara seperti tampak pada Gambar.
  2. Letakkan sebuah lilin menyala di bawah salah satu cerobong (cerobong A).
  3. Letakkan kertas berasap di atas cerobong yang di bawahnya tidak ada lilinnya (cerobong B). Amati aliran asap yang terjadi.




Pertanyaan
  1. Apa yang terjadi pada serbuk gergaji waktu air dipanaskan? Mengapa bisa demikian?
  2. Jelaskan jalannya konveksi kalor dari percobaanmu dengan menggunakan cerobong asap!
  3. Apa yang dapat kamu simpulkan?







Tujuan
Menyelidiki perpindahan kalor secara konduksi pada berbagai jenis logam

Alat dan bahan
  • Batang seng, besi, kaca, dan tembaga
  • Kaki tiga
  • Pembakar spiritus dan korek api
  • Lilin

Langkah Kerja
  1. Letakkan empat buah batang masing-masing: seng, besi, kaca, dan tembaga di atas tripod (kaki tiga).
  2. Teteskan lilin pada ujung keempat bahan tersebut.
  3. Panaskan ujung yang lain keempat bahan tersebut dalam pemanas spiritus.
  4. Amatilah tetesan lilin yang cepat mencair dari keempat bahan tersebut.




Pertanyaan
  1. Bahan manakah yang tetesan lilinnya cepat mencair? Mengapa? Apakah semua benda dapat menghantarkan kalor?
  2. Apa yang dapat kamu simpulkan?


1:00 AM



 


Tujuan
Menyelidiki hubungan antara kalor dan perubahan wujud zat

Alat dan bahan
  • Gelas beker
  • Kasa dan kaki tiga
  • Pembakar spiritus dan korek api
  • Termometer
  • Es batu
Langkah kerja
  1. Masukkan es batu ke dalam gelas beker dan ukurlah suhunya dengan termometer
  2. Panaskan gelas beker yang berisi es tersebut di atas nyala api pemanas spiritus sampai es mencair. Catat suhu dan lama pemanasannya.
  3. Panaskan terus sampai air mendidih. Catat suhunya ketika air mendidih dan lama pemanasannya.
  4. Lanjutkan pemanasan sampai 5 menit dan catat suhunya.
  5. Catat hasil pengamatan dalam tabel.


Pertanyaan
  1. Untuk mengubah wujud es menjadi wujudnya yang lain apakah diperlukan waktu yang
  2. sama? Bagaimana dengan suhunya?
  3. Buatlah grafik hubungan antara lama pemanasan dengan suhu!
  4. Berdasarkan hasil kegiatan kamu, apa yang dapat kamu simpulkan?

1:00 AM





Tujuan
Menyelidiki faktor-faktor yang mempengaruhi kalor pada suatu zat

Alat dan bahan
  • Gelas beker
  • Kasa dan kaki tiga
  • Pembakar spritus dan korek api
  • Termometer
  • Air
Langkah kerja
Bagian Satu
  1. Siapkanlah dua buah gelas beker dan isilah dengan air masing-masing 100 ml dan 50 ml.
  2. Catat suhu air mula-mula dan usahakan suhunya sama.
  3. Panaskan 50 ml air dan 100 ml air tersebut dengan nyala api yang sama sampai suhu 50 °C.
  4. Catatlah waktu yang diperlukan untuk memanaskan keduanya ke dalam tabel.

Bagian Dua
  1. Sediakan dua gelas beker dan isilah masing-masing dengan 100 ml air dan 100 ml minyak goreng.
  2. Catat suhu mula-mula kedua zat cair itu.
  3. Panaskan 100 ml air dan 100 ml minyak goreng tersebut secara bersamaan dengan nyala api yang sama.
  4. Catat waktu yang diperlukan oleh kedua zat dengan kenaikan suhu yang sama, misalnya 25°C.
  5. Masukkan hasilnya dalam tabel pengamatan.

Bagian Tiga
  1. Sediakan gelas beker dan isilah dengan 100 ml air.
  2. Panaskan air tersebut dalam nyala api.
  3. Catat suhu mula-mula dan kenaikkan suhunya setiap 1 menit selama 5 menit.
  4. Masukkan hasilnya dalam tabel pengamatan.


Pertanyaan
  1. Seandainya banyaknya kalor yang diberikan untuk memanaskan air sebanding dengan waktu pemanasan, makin besar kalor yang diperlukan untuk memanaskan 100 ml air lebih lama dibandingkan dengan memanaskan 50 ml air pada suhu yang sama. Volume air sebanding dengan massa air, semakin besar volumenya semakin besar pula massanya. Adakah hubungan antara banyaknya kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu benda dengan massa benda?
  2. Dari hasil kegiatan dua, samakah waktu yang diperlukan untuk memanaskan dua jenis zat berbeda dengan volume sama? Apakah jenis benda juga mempengaruhi banyaknya kalor yang diperlukan?
  3. Apa yang dapat kamu simpulkan?






Tujuan
Menyelidiki kecepatan pemuaian pada berbagai macam zat cair

Alat dan bahan
  • Labu erlenmeyer berpipa kecil (4 buah)
  • Wadah air
  • Sumber panas
  • Air
  • Eter
  • Bensin
  • Alkohol

Langkah kerja
  1. Siapkan empat buah labu erlenmeyer berpipa kecil. Isi masing-masing labu dengan air, eter, bensin, dan alkohol dengan volume yang sama.
  2. Siapkan wadah yang agak besar dan isilah dengan air.
  3. Masukkan labu tersebut pada wadah berisi air kemudian panaskan wadah tersebut.
  4. Setelah beberapa saat, amatilah tinggi permukaan zat cair pada labu.

Pertanyaan
  1. Bagaimana hasil pengamatan terhadap tinggi permukaan zat cair pada labu? Samakah tinggi masing-masing zat cair tersebut?
  2. Apa yang dapat kamu simpulkan berkaitan dengan pemuaian pada zat cair berdasarkan hasil kegiatan di atas?


1:00 AM





Tujuan
Menyelidiki muai panjang zat padat menggunakan muschenbroek

Alat dan bahan
  • Alat musschenbroek
  • Batang logam besi, kuningan, dan alumunium
  • Pembakar spirtus
Langkah kerja
  1. Pasang batang logam yang tersedia dan aturlah posisi jarum dengan memutar sekrup pengatur sampai kedudukan semua jarum sejajar.
  2. Nyalakan pembakar spiritus dan amati perubahan kedudukan pada jarum penunjuk.
  3. Setelah 5 menit, lakukan pengamatan pada jarum penunjuk! Catatlah hasilnya.

Pertanyaan
  1. Apakah jarum penunjuk menunjukkan skala tertentu?
  2. Samakah skala yang ditunjukkan masing-masing jarum penunjuk? Jika berbeda, mengapa demikian?
  3. Logam manakah yang menunjukkan pemuaian paling besar?
  4. Apa yang dapat kamu simpulkan?



Tujuan
Memahami pengukuran massa jenis pada benda yang memiliki bentuk tidak teratur
Mengetahui suatu benda dapat terapung atau tenggelam dalam suatu zat cair

Alat dan bahan
  • Gelas ukur atau tabung ukur
  • Neraca O’hauss
  • Air
  • Batu kali
  • Pecahan genteng
  • Paku
  • Kayu gabus
Langkah Kerja
  1. Dengan menggunakan neraca lengan, ukurlah massa 200 ml air.
  2. Bandingkan massa dan volume air tersebut. Catatlah hasilnya.
  3. Timbanglah batu kali dengan neraca. Catat hasilnya pada tabel.
  4. Isilah gelas ukur atau tabung ukur dengan air. Catat volume air mula-mula (Vo).
  5. Masukkan batu kali ke dalam gelas ukur. Catatlah volume air setelah batu kali dimasukkan (V1).
  6. Bandingkan massa dan volume batu kali tersebut. Catatlah hasilnya.
  7. Ulangi langkah 3 sampai dengan 6 untuk pecahan genteng, paku, dan kayu gabus.


Pertanyaan
  1. Berapakah nilai masing-masing perbandingan massa dan volume air yang kamu peroleh apabila dinyatakan dalam satuan SI?
  2. Berapakah nilai masing-masing perbandingan massa dan volume benda yang kamu peroleh apabila dinyatakan dalam satuan SI?
  3. Bagaimana perbandingan antara massa jenis air dan massa jenis benda-benda yang tadi kamu ukur?
  4. Apa yang dapat kamu simpulkan?







Tujuan
Mengamati peristiwa kohesi dan adhesi
Mengamati meniskus cekung dan meniskus cembung

Alat dan bahan
  • Meja kaca
  • Air
  • Raksa
  • Lidi
  • Pipa kapiler

Langkah Kerja
Percobaan 1
  1. Siapkan setetes air dan raksa, kemudian letakkan di permukaan kaca meja pada posisi yang berbeda.
  2. Amatilah bentuk air dan raksa di permukaan kaca.
  3. Amatilah masing-masing bentuk tetesan air dan raksa di permukaan kaca tersebut.
Percobaan 2
  1. Siapkan dua buah pipa kapiler, masing-masing diisi dengan air dan satu lagi dengan raksa dengan jumlah yang sama.
  2. Amatilah bentuk meniskus yang terjadi pada pipa kapiler yang diisi dengan air dan pipa kapiler yang diisi dengan raksa.

Pertanyaan
  1. Bagaimana bentuk air di permukaan kaca?
  2. Bagaimana bentuk raksa di permukaan kaca?
  3. Bagaimana bentuk meniskus yang terjadi pada pipa kapiler yang dimasukkan air?
  4. Bagaimana bentuk meniskus yang terjadi pada pipa kapiler yang dimasukkan raksa?
  5. Bagaimana keadaan permukaan air pada pipa kapiler dibandingkan dengan keadaan raksa yang berada pada pipa kapiler?
  6. Apa yang dapat kamu simpulkan?







Tujuan
Mengamati perubahan wujud zat pada parafin

Alat dan bahan
  • Beker glass/gelas kimia
  • Pembakar bunsen
  • Tripod/kaki tiga beserta kasa asbesnya
  • Parafin/lilin
  • Korek api

Langkah kerja
  1. Masukkan parafin ke dalam gelas kimia.
  2. Susunlah peralatan yang sudah disiapkan seperti pada gambar.
  3. Nyalakan pembakar bunsen
  4. Amatilah perubahan wujud parafin pada saat dipanaskan.
  5. Setelah mendidih padamkanlah nyala apinya.
  6. Amatilah perubahan wujud parafin setelah nyala api dipadamkan.

Pertanyaan
  1. Berdasarkan kegiatan yang telah kamu lakukan, jelaskan perubahan wujud apa sajakah yang terjadi pada parafin?
  2. Apa yang dapat kamu simpulkan?






Tujuan
Menetapkan skala suatu termometer

Alat dan bahan
  • Termometer raksa yang belum diberi skala
  • Es batu, air panas, satu set alat pemanas, labu didih, gelas dan corong kaca
  • Kain lap, spidol, kertas milimeter, dan penggaris

Langkah kerja
  1. Masukkan es ke dalam gelas atau corong kaca, kemudian masukkan termometer. Biarkan beberapa saat sampai kedudukan raksa stabil/tidak turun lagi. Kemudian pada kedudukan raksa tersebut diberi tanda angka 0 (nol) dengan spidol. Tanda ini sebagai titik tetap bawah termometer dengan nilai 0°C.
  2. Masukkan air panas ke labu didih, kemudian panaskan sampai airnya mendidih. Masukkan termometer ke dalam air yang sedang mendidih hingga tampak raksa naik dan berhenti pada tempat tertinggi. Selanjutnya beri tanda angka 100 dengan spidol. Tanda ini sebagai titik tetap atas termometer dengan nilai 100°C.
  3. Ambil termometer dan keringkan termometer dengan kain lap. Letakkan termometer di atas kertas milimeter. Dengan bantuan penggaris, letakkan titik tetap bawah dan titik tetap atas pada kertas milimeter. Bagi jarak antara titik tetap bawah dan titik tetap atas menjadi sepuluh bagian yang sama. Tandai dengan angka secara berurutan dari titik bagian itu mulai dari 0, 10, 20, 30, 40, 50, 60, 70, sampai 100.
Pertanyaan
  1. Dari penetapan skala tadi, coba kamu ukur suhu pada air panas, dan air dari es yang telah melebur. Berapa derajat suhunya?
  2. Ganti termometer dengan termometer yang telah jadi. Apakah hasilnya sama dengan termometer buatanmu tadi?
  3. Apa yang dapat kamu simpulkan?


8:54 PM




Tujuan
Menjelaskan cara kerja alat ukur waktu

Alat dan bahan
Jam tangan dan stopwatch

Langkah kerja
  1. Berjalanlah dari depan kelas ke belakang kelas sambil mengukur waktunya dengan menggunakan alat ukur waktu (jam tangan dan stopwatch).
  2. Masukkan hasilnya pada tabel pengamatan berikut.

Pertanyaan
  1. Berapa lama waktu yang diperlukan olehmu untuk berjalan dari depan kelas ke belakang kelas?
  2. Mana yang lebih akurat antara jam tangan dan stopwatch? Jelaskan.
  3. Apa yang dapat kamu simpulkan?

0 komentar:

Poskan Komentar