Minggu, 02 Oktober 2011

0 Gaya

Materi kelas 8




 

 Jenis – jenis Gaya
Gaya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
Ø  Gaya Sentuh
    Merupakan gaya yg bekerja dengan adanya   sentuhan. Contohnya: Gaya Gesek ( ban mobil   dengan jalanan), Gaya Otot ( Menulis )
Ø   Gaya Tak Sentuh
    Merupakan gaya yang bekerja tanpa adanya   sentuhan. Contohnya: Gaya Gravitasi Bumi
Macam – Macam Gaya
Beberapa Macam Gaya yang kita kenal:
  Gaya Gesek
  Gaya gesek adalah gaya yang berarah melawan gerak benda atau arah kecenderungan benda akan bergerak. Gaya gesek muncul apabila dua buah benda bersentuhan. Benda-benda yang dimaksud di sini tidak harus berbentuk padat, melainkan dapat pula berbentuk cair, ataupun gas. Gaya gesek antara dua buah benda padat misalnya adalah gaya gesek statis dan kinetis, sedangkan gaya antara benda padat dan cairan serta gas adalah gaya Stokes.

Gaya Gravitasi 
Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta.
Gravitasi mengakibatkan  benda-benda langit berada pada orbit masing-masing dalam mengitari matahari.
Teori Gravitasi dicetuskan pertama oleh Einstein dalam Teori Relativitas Umum “ namun,  “Hukum Gravitasi Univeral Newton” karya Isaac Newton, lebih sederhana.
Dari teori gravitasi, dapat dirumuskan Berat. Berat suatu benda adalah hasil kali massa benda tersebut dengan percepatan gravitasi bumi. Persamaan tersebut dapat dituliskan sebagai berikut: W = mgW adalah gaya berat benda tersebut, m adalah massa dan g adalah percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi ini berbeda-beda dari satu tempat ke tempat lain.
 
Gaya Berat
  Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan istilah massa dan berat secara keliru. Massa adalah sifat dari benda itu sendiri, yakni ukuran kelembaman benda tersebut atau “jumlah zat’-nya. Sedangkan berat adalah gaya gravitasi yang bekerja pada sebuah benda.
  Untuk melihat perbedaannya, misalnya kita membawa sebuah benda ke bulan. Berat benda tersebut hanya seperenam dari beratnya di bumi karena gaya gravitasi di bulan enam kali lebih kecil dibandingkan dengan gaya gravitasi di bumi. Tetapi massa benda tersebut tetap sama. Benda tersebut tetap memiliki jumlah zat yang sama dan inersia alias kelembamannya juga sama. Yang berbeda adalah beratnya atau gaya gravitasi yang bekerja pada batu tersebut.
 

 

W = M x
 
W = Weight ( Berat )
M = Massa
G = gravitasi bumi                        ( 9,8m/detik )


 Siapakah          Isaac Newton?

Sir Isaac Newton adalah seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi dan juga ahli kimia yang berasal dari Inggris.
        Ia juga ilmuwan paling besar dan paling berpengaruh yang pernah hidup di dunia, lahir di Woolsthrope, Inggris, tepat pada hari Natal tahun 1642. Newton memulai sekolah saat tinggal bersama neneknya di desa dan kemudian dikirimkan ke sekolah bahasa di daerah Grantham dimana dia akhirnya menjadi anak terpandai di sekolahnya. Saat bersekolah di Grantham dia tinggal di-kost milik apoteker lokal yang bernama William Clarke. Sebelum meneruskan kuliah di Universitas Cambridge pada usia 19, Newton sempat menjalin kasih dengan adik angkat William Clarke, Anne Storer. Saat Newton memfokuskan dirinya pada pelajaran, kisah cintanya dengan menjadi semakin tidak menentu dan akhirnya Storer menikahi orang lain.
 
 
  Jika Arif memberikan gaya 130 N dan Dinda memberikan 270 N, maka resultan gayanya adalah ..
 Penyelesaian:
   Resultan Gaya = F1 + F2 + ...
  -130 + 270 = 140 N ke arah Dinda
Mengapa?
   Pada kasus ini, analisis siapa yg menang. Berarti arah resultan gaya ke arah yg menang dan besarnya selisih dari kedua gaya tersebut. 
 
   Science      
itu 
 Menyenangkan

  
   God bless you, me and all of us 

 






 



 




\

0 komentar:

Posting Komentar